Investasi Properti Adalah Instrumen yang Digemari Sejak Dulu. Ini Alasannya!

pengertian investasi properti
Foto: elements.envato.com

Investasi mulai banyak dilirik masyarakat. Apalagi dengan kondisi ekonomi saat ini yang tidak menentu. Jenis investasi juga semakin beragam, seperti halnya investasi saham, reksadana, emas dan properti. Di antara banyaknya pilihan, investasi properti adalah instrumen yang paling digemari hingga saat ini.

Investasi properti memang telah populer sejak dulu. Properti dinilai dapat memberikan keuntungan jangka panjang. Selain itu, nilai jual properti terus naik tiap tahunnya. Risiko investasi properti juga lebih rendah jika dibandingkan dengan jenis investasi lain. Wujud aset yang bisa dilihat memberi rasa aman bagi investor untuk berinvestasi di instrumen ini.

Anda tertarik berinvestasi properti? Berikut pengertian dan keuntungan investasi properti yang sebaiknya Anda pahami.

Baca juga: 3 Jenis Investasi Properti Modal Kecil dan Kekinian

Apa Itu Investasi Properti?

investasi properti adalah
Foto: elements.envato.com

Investasi properti adalah kegiatan menaruh dana pada aset properti selama periode waktu tertentu agar memperoleh keuntungan di kemudian hari. Investasi properti berkaitan dengan pembelian, kepemilikan, pengelolaan, penyewaan, dan penjualan properti. Adapun properti itu sendiri bisa berupa tanah atau bangunan.

Investasi properti cukup fleksibel karena bisa menjadi investasi jangka pendek maupun jangka panjang. Dalam jangka pendek, properti bisa disewakan untuk mendapatkan penghasilan. Dalam jangka panjang, properti bisa dijual kembali. Dengan harga properti yang selalu meningkat tiap tahunnya, investasi properti tergolong sangat menguntungkan.

Baca juga: Digital DIRE, Sarana Investasi Properti dengan Cara Patungan

Keuntungan Investasi Properti

keuntungan investasi properti
Foto: elements.envato.com

Keuntungan berinvestasi di bidang properti cukup menjanjikan. Berikut ini beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan:

Harga selalu naik

Jumlah penduduk yang terus bertambah menyebabkan permintaan akan tempat tinggal juga ikut meningkat. Sementara, kesediaan properti belum tentu tercukupi. Hal ini membuat harga properti mahal dan terus meningkat setiap tahunnya. Semakin lama Anda memiliki suatu properti maka semakin besar pula keuntungan yang bisa Anda dapatkan di masa depan.

Lebih stabil dan minim risiko

Berbeda dengan investasi saham yang fluktuatif, harga pasar investasi properti lebih stabil bahkan hampir selalu naik. Risikonya juga rendah sehingga cocok bagi orang yang baru terjun ke dunia investasi. Kerugian dalam investasi properti masih dapat ditekan dengan menunggu waktu yang tepat untuk menjualnya kembali. Tidak seekstrim investasi saham yang bahkan bisa menyentuh angka 0.

Harga jual properti bisa ditentukan sendiri

Kendali penuh ada di tangan pemilik properti. Pemilik properti bebas memilih ingin mengikuti harga pasar atau menentukan sendiri harga jual propertinya. Jika pemiliknya ingin properti cepat terjual, maka ia bisa saja menjual di bawah harga pasaran.

Bisa menjadi sumber penghasilan

Investasi properti tidak selalu tentang membeli lalu menjual kembali properti dengan harga yang lebih tinggi. Apabila Anda belum ingin menjual properti yang Anda miliki saat ini, Anda bisa menjadikannya sumber penghasilan dengan menyewakannya. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan passive income, yaitu penghasilan yang Anda peroleh tanpa harus bekerja.

Bisa dijadikan jaminan

Properti adalah aset yang bisa dijadikan jaminan atau agunan. Apabila suatu hari Anda membutuhkan pinjaman dana, Anda tidak perlu menjual aset properti untuk mendapatkan dana segar. Properti bisa dijadikan sebagai jaminannya, cukup dengan menjaminkan surat kepemilikannya saja.

Nah, seperti itulah pengertian investasi properti beserta keuntungannya. Apakah Anda semakin tertarik untuk punya penghasilan dari investasi properti? Anda bisa mengunjungi www.dipro.id untuk mengetahui lebih lanjut cara mendapatkan penghasilan dari properti. Platform ini dilengkapi berbagai fitur yang bisa memudahkan Anda untuk berinvestasi. Hanya dengan 500 ribu saja, Anda sudah bisa memiliki properti impian Anda.

Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu Anda merencanakan keuangan. Jangan lupa untuk melakukan riset terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan investasi Anda.

Selamat mencoba!

1 komentar untuk “Investasi Properti Adalah Instrumen yang Digemari Sejak Dulu. Ini Alasannya!”

  1. Ping-kembali: 3 Jenis Investasi Properti Modal Kecil dan Kekinian - Digital Property

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *